Selamat Tahun Baru Islam 1441 Hijriah! Inilah Beberapa Tradisi Unik untuk Menyambut Tahun Baru Hijriah di Beberapa Daerah di Indonesia

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Sebelum itu marilah kita berpuji syukur kepada Allah SWT dan menjunjung tinggi kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Tidak terasa yah, Detik demi Detik, Menit demi Menit, Jam demi Jam, Hari demi Hari, Pekan demi Pekan, Bulan demi Bulan; Sekarang sudah berada di Tahun yang baru. Yaitu pada Hari Minggu, pada Tanggal, 1 Muharram 1441 H / 1 September 2019 M.






Sumber Artikel dari Situs : Travel.Detik.com (Atau juga bisa membaca artikel melarik lainnya di sini)


Di Indonesia, ada banyak Tradisi 1 Muharram yang sering dilakukan oleh Masyarakat di berbagai Daerah.

Meskipun begitu, Jangan sampai salah kaprah ya. Dalam Tradisi Islam, tidak ada Ajaran Khusus dalam menyambut Pergantian Tahun selain memanjatkan Doa kepada Allah dan Berpuasa untuk mendapatkan ridho serta ampunan-Nya.

Di Indonesia, akibat proses pengaruh dari berbagai budaya muncullah kegiatan unik untuk merayakan Tahun Baru Islam tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa Tradisi 1 Muharram yang unik : 

1. Kirab Muharram 


Tradisi 1 Muharram di Jawa salah satunya adalah Kirab Muharram. Ini adalah Ritual yang dilakukan oleh Keraton Surakarta yakni menghadirkan Kerbau Bule atau Kerbau Putih milik Kiai Slamet.

Kerbau Bule merupakan hewan kesayangan Susuhunan yang dianggap keramat.

(Baca selengkapnya di sini....)


2. Ngadulang 

Berbeda dengan Kirab Muharram, Tradisi di Jawa Barat ini dinamakan Ngadulang. Ngadulang merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh pemerintahan Sukabumi untuk merayakan Tahun Baru Islam. Di Tahun Baru Islam, ada Perlombaan Menabuh Bedug yang menarik dan wajib diikuti.

3. Nganggung 

Perayaan 1 Muharram di Pangkalpinang, Bangka memiliki keseruan tersendiri. Dalam Acara Nganggung, Masyarakat datang ke Masjid dan membawa Dulang berisi Makanan dan Lauk Pauk untuk dinikmati bersama.

4. Pawai Obor 

Sebenarnya tak hanya di Banten, kegiatan Tahun Baru Islam dengan Pawai Obor terjadi banyak di berbagai daerah. Dengan mengenakan Pakaian Muslim berwarna Putih, masyarakat Berpawai memegang Obor Keliling untuk merayakan Tahun Baru hijriyah.

5. Bubur Asura

Di Kalimantan, ada Makanan Khas yang adanya hanya di Tahun Baru Islam yaitu Bubur Asura. Bubur ini terbuat dari Beras yang dimasak lama dengan Santan dan dicampur dengan berbagai macam Sayur-sayuran.

6. Membeli Perabot Baru

Sepertinya Tradisi 1 Muharram di Makassar ini agak aneh ya. Kabarnya, di hari tersebut para Ibu-ibu di Makassar akan Berbelanja memborong Perabotan Rumah. Wah, kira-kira untuk apa ya?

7. Mabit di Masjid

Perayaan 1 Muharram yang satu ini patut dicontoh nih. Masjid-masjid di Jakarta sering menyelenggarakan Mabit pada Malam Tahun Baru Islam. Biasanya kegiatan ini diisi dengan Ceramah Agama dengan tujuan untuk melakukan Refleksi Diri selama menginap di Masjid.



Untuk m
elihat artikel dari postimgan lamanya, silahkan
lihat di sini.


Cukup sampai sini saja, supaya di Tahun Ini lebih baik lagi daripada di Tahun-tahun Kemarin. 


Waltafik hidaiyah, 

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Comments